5 Faktor Yang Sering Jadi Penyebab Kegagalan Pebisnis Pemula

Kegagalan memang jadi suatu pengalaman dan guru terbaik. Tapi alangkah baiknya kalau kegagalan ini dihindari dalam berbisnis. Makanya, 5 faktor yang sering jadi penyebab kegagalan para pebisnis pemula ini bisa jadi wawasan yang berguna buat lo, Superfriends

Yup, untuk mencapai titik sukses memang butuh wawasan, perjuangan dan konsistensi. Tapi, buat pebisnis yang baru merintis usahanya tentu hal ini bukanlah hal mudah. Yuk, simak lengkap 5 faktor yang sering jadi penyebab kegagalan para pebisnis pemula berikut ini, Superfriends!

Kurang Fokus Terhadap Rencana Bisnis

Faktor yang sering jadi penyebab kegagalan para pebisnis pemula di urutan pertama yaitu kurangnya fokus terhadap rencana bisnis. Kalau lo baru turun dalam dunia bisnis jangan lupakan rencana bisnis ya Superfriends, karena hal ini bakal sangat penting dan nggak bisa disepelekan.

Semangat, praktik dan bagaimana mewujudkan visi & misi dari rencana bisnis memang penting, tapi jangan lupakan juga tentang aspek keuangan dan akuntansi dari bisnis.

Kurangnya perhatian terhadap aspek keuangan tentu bakal menyebabkan kerugian dan ketidakstabilan usaha. Oleh karena itu, lo harus seimbangan antara rencana keuangan dan semangat untuk menjalankan bisnis yang sukses, Superfriends.

Kurang Menjaga Cash Flow

Memastikan keseimbangan antara pemasukan, pengeluaran, utang dan keuntungan juga nggak kalah penting dalam merintis bisnis nih, Superfriends. Pasalnya, banyak banget pebisnis yang gagal untuk mengatur keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

Berawal dari pengaturan keuangan yang kurang matang, pasti bakal berimbas pada ketidakseimbangan, yaitu pengeluaran lebih banyak dibanding pemasukan. Atau, terlalu banyak hutang dan nggak cukup ekuitas sehingga menciptakan krisis pada keuntungan, Superfriends.

Membuat Matrik yang Keliru

Selanjutnya, hati-hati dalam membuat matrik atau perhitungan dalam bisnis ya, Superfriends. Pasalnya, ini seringkali membuat para pebisnis pemula gagal menemui kesuksesan dalam bisnisnya.

Sering sekali pebisnis pemula hanya memfokuskan pada harga produk dan perkiraan pemasukan saja ketimbang membuat perhitungan detail mengenai penghasilan pendapatan, laba bersih & arus keuangan atau cash flow.

Padahal ini penting banget, lho. Sebagai pebisnis, lo tentu wajib mempelajari bagaimana membuat pembukuan dengan matrik yang benar. Sehingga, semua keuangan yang masuk dan keluar bahkan perkembangan bisnis lo pun akan terlihat jelas, Superfriends.

Kurang Punya Strategi yang Tepat

Terbatasnya wawasan dan pengalaman tentu jadi salah satu tantangan bagi para pebisnis pemula. Jadi, jangan heran kalau seringkali pebisnis di level ini kurang punya pengetahuan tentang bagaimana cara mengatur keuangan untuk mencegah kerugian, Superfriends

Yang paling penting, jangan terlalu terburu-buru dalam bertindak karena nggak membuat rencana keuangan yang matang tentu bakal mengakibatkan kerugian alias besar pasak daripada tiang.

Sebagai langkah antisipasi, lo harus memahami seberapa matang bisnis lo dan mengetahui apakah memang sudah saatnya untuk menambahkan modal pada bisnis yang lo kelola, Superfriends.

Kurang Merencanakan Pengeluaran Tak Terduga

Terakhir, dan jadi salah satu faktor terbesar penyebab kegagalan para pebisnis pemula yaitu kurang merencanakan pengeluaran nggak terduga nih, Superfriends. Pebisnis pemula sering melupakan masalah pengeluaran tak terduga ketika membuat rencana keuangan.

Hal ini tentu saja bisa berdampak pada kegagalan dan sulitnya mendapatkan keuntungan, Superfriends. Makanya, penting bagi pebisnis pemula untuk mempersiapkan dan merencanakan dana untuk hal-hal tak terduga agar nggak terjadi kerugian ataupun over budgeting.

Mengalokasikan dana untuk biaya nggak terduga juga berguna banget pada masa-masa sulit dan membantu menjaga bisnis tetap bertahan selama masa-masa sulit tersebut, Superfriends.