Tips Sukses Membesarkan Bisnis Buat Para Pemula

Setiap tujuan tentu punya jalan panjang dan berliku yang harus ditempuh. Termasuk dalam berbisnis, lo pasti pengin sukses menjalankan bisnis, kan? Makanya, tips sukses membesarkan bisnis ini, pasti bakal berguna banget kalau lo masih pemula, Superfriends.

Dalam menjalankan bisnis, memang ada saja yang “terlihat” lebih mudah untuk sukses. Padahal, ada jalan panjang yang berliku serta menanjak terjal demi sampai ke tujuan yang sudah diidam-idamkan dan nggak banyak diketahui khalayak luas.

Biar lebih siap menghadapi tantangan, sebaiknya simak dulu beberapa tips sukses membesarkan bisnis buat para pebisnis pemula berikut ini, Superfriends!

Jalankan Metode Diversifikasi dalam Bisnis

Tips sukses membesarkan bisnis buat para pebisnis pemula yang pertama yaitu lo wajib banget menerapkan metode diversifikasi, Superfriends. Yup, layaknya berinvestasi, bisnis juga harus menjalankan metode diversifikasi.

Sebaiknya, usahakan agar target penjualan lo diarahkan ke tipe pelanggan yang bervariasi, sehingga risiko-risiko nggak lakunya produk bisa diminimalisir.

Kalau produk yang lo tawarkan ditujukan secara khusus kepada satu target pelanggan sesuai dengan demografisnya, bisnis lo akan mengalami masalah besar kalau target pelanggan tersebut berpindah haluan ke produk yang lebih efisien bagi mereka.

Jadi, kalau misalnya bisnis lo mulai “surut”, maka lo masih punya alternatif target pasar lainnya karena metode diversifikasi ini, Superfriends.

Punya Banyak Pilihan Vendor

Masih mirip dengan tips sebelumnya, dalam menjalin relasi vendor lo juga wajib punya banyak pilihan, Superfriends. Sulit dipungkiri, banyak bisnis yang terhambat untuk berkembang karena selama ini hanya mengandalkan satu vendor/penyuplai saja.

Jadi, kalau terjadi sesuatu pada vendor/penyuplai lo maka kegiatan produksi hingga penjualan akan sangat terhambat. Dengan begini, tentu saja akan menghambat perkembangan bisnis lo, Superfriends.

Pisahkan Keuangan Bisnis dengan Pribadi

Keuangan bisnis hendaklah tetap digunakan hanya untuk kebutuhan bisnis, jangan libatkan kebutuhan pribadi, begitu pun sebaliknya.

Tetap konsisten dalam mengelola keuangan bisnis dan pribadi namun pisahkan setiap metode pengelolaan dan catatan-catatan yang berhubungan dengannya.

Jaga Hubungan Bisnis dengan Pelanggan

Jangan sekali-sekali mengecewakan pelanggan lo karena mereka menjadi sumber pendapatan lo dan bisa menjadi salah satu bagian dari strategi marketing lo, terutama dengan konsep word of mouth.

Berikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan dan tanggapi pertanyaan mereka dengan baik, atau pun selalulah siap sedia membantu bila mereka membutuhkannya.

Jangan Takut Mencoba Peluang Baru

Selagi masih relevan dengan bisnis yang sedang lo jalankan, jangan pernah takut untuk mencoba peluang baru.

Memanfaatkan peluang baru sama dengan memungkinkan bisnis lo untuk berekspansi lebih jauh, mendapatkan target pelanggan baru, dan memperluas strategi bisnis lo. Hal ini merupakan salah satu tips mengembangkan bisnis yang nggak boleh diabaikan.

Selalu Siap dengan Hal-Hal yang Tak Terduga

Seperti yang sebelumnya disebutkan, ada saja hal yang nggak berjalan sesuai rencana dan harapan. Setiap bisnis baru bisa saja sangat rentan terhadap faktor ekonomi makro hingga perubahan regulasi pemerintah terhadap ekonomi.

Atau, kalau bisnis yang lo jalankan nggak lagi sesuai dengan tren maupun tersedia alternatif yang lebih mudah dibandingkan apa yang lo tawarkan, maka lo harus mempersiapkan strategi yang baik untuk mencegah hal-hal tak terduga tersebut.